Selamat Datang!

Silahkan menelusuri konten di blog saya,dan semoga Anda dapat memperoleh manfaat di dalamnya!

Sabtu, 02 Juli 2011

Warna Matahari berubah-ubah


Matahari pada pagi hari nampak jelas bundarnya dan berwarna kemerah-merahan/jingga dan bisa menyehatkan karena mengandung pro vitamin D. Lalu, pada siang hari kita sulit atau tidak bisa melihatnya dan warnanya putih menyilaukan mata. Lain lagi kala sore hari, warnanya berubah kekuning-kuningan dan bila melihatnya terasa pening di kepala (bisa menyebabkan sakit mata).Namun tahukah anda kenapa warna matahari sepanjang hari berubah semenjak terbit di pagi hari hingga terbenam di sore hari? Untuk mengetahuinya, berikut jawaban yang diberikan oleh Prof. Yohanes Surya.

Sebelum menjawab, mari kita lakukan percobaan sederhana. Percobaan pertama, sorotkan cahaya lampu baterai pada kertas secara tegak lurus. Yang kedua, sorotkan cahayanya tapi dengan posisi miring. Akan terlihat bahwa pada percobaan pertama cahaya tampak lebih terang. Penyebabnya, pada percobaan pertama cahaya terfokus pada daerah yang lebih kecil dibandingkan pada percobaan kedua.
Demikian juga Matahari. Pada siang hari cahaya Matahari tepat di kepala kita. Cahayanya mengenai daerah yang relatif lebih kecil dibandingkan dengan daerah yang ditimpa oleh cahaya yang datang miring pada pagi hari. Akibatnya, pada siang hari cahaya Matahari tampak lebih menyilaukan.
Warna merah pada pagi hari dan kuning keperakan pada sore hari disebabkan proses hamburan cahaya oleh partikel-partikel di atmosfer kita. Di Bulan, yang tidak ada atmosfernya, Matahari tidak terlihat merah atau kuning.

http://www.yohanessurya.com/

Tidak ada komentar: